Datang Bulan Tak Teratur, Normalkah?

adsense
Datang Bulan Tak Teratur, Normalkah?

Ada beberapa wanita yang merasa ketakutan, karena datang bulannya tidak lancar. Mereka kemudian cemas, jangan-jangan ada yang salah dengan tubuh mereka. Sebenarnya, dilihat dari sisi kedokteran apakah hal ini lumrah?


Menjawab tentang hal ini, dokter Deffy Leksani dari Meetdoctor menjelaskan umumnya periode menstruasi wanita adalah 3-5 hari, sementara siklusnya berlangsung selama 28 hari.

“Namun masa menstruasi yang dialami tiap wanita memiliki karakteristik masing-masing, sehingga sulit menentukan mana yang normal dan mana yang tidak. Beberapa wanita memang biasa mengalami periode menstruasi yang sangat singkat, sementara yang lain lebih panjang,” ujarnya.

Ia lalu menjelaskan tentang amenorea, ini adalah kondisi saat seorang wanita berhenti mengalami menstruasi, atau sudah berumur 15 tapi belum pernah mengalami haid. 

Hal ini disebabkan penurunan produksi estrogen sehingga frekuensi menstruasi menjadi makin jarang. Umumnya amenorea terjadi secara natural pada sekitar usia 50-an tahun. Namun yang perlu diwaspadai adalah jika amenorea terjadi sebelum usia 40. Pada usia ini, kemungkinan yang dapat menjadi penyebab berhentinya menstruasi adalah:

1. Anda sedang hamil.

2. Berolahraga terlalu berat atau terlalu sering. Frekuensi dan intensitas olahraga yang berlebihan dapat memengaruhi produksi dan kerja hormon reproduksi yang mengatur siklus menstruasi.

3. Mengalami gangguan pola makan seperti anoreksia nervosa. Keterbatasan kalori dalam tubuh menghalangi pelepasan hormon yang dibutuhkan dalam proses ovulasi.

Kemungkinan penyebab lain adalah sedang dalam masa menyusui, obesitas, mengonsumsi kontrasepsi oral, gangguan pada hipotalamus (bagian otak yang mengatur regulasi hormon reproduksi), gangguan kelenjar tiroid, stres, gangguan pada rahim, sindrom ovarium polisistik, ovarium yang berhenti berfungsi lebih dini dan gangguan keseimbangan hormon lain.

Segera periksakan diri ke dokter jika menstruasi Anda berhenti, tidak teratur, atau sering terlambat dalam waktu yang cukup panjang sehingga diharapkan dokter akan mengetahui penyebab dari seringnya keterlambatan dari haid Anda. 

#tips #sehat #haid

 

Ads By Google